Mandiri Bidik Wirausaha Muda Kembangkan Fintech

Rabu, 04 Januari 2017 | 21:11
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
SEMINAR WIRAUSAHA: Area Business Head Tangerang Bintaro PT Bank Mandiri Robert Hendrik, saat sosialisasi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2016, di Prasetya Mulya, BSD. foto: UKON FURKON SUKANDA/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID-Untuk menarik minat entrepreneur muda,  Bank Mandiri menggelar Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2016. Program WMM itu, menyasar bidang teknologi untuk layanan keuangan atau FinTech. Para wirausaha muda kategori itu memperoleh program binaan dukungan pembiayaan bisnis melalui Mandiri Capital Indonesia.

Area Business Head Tangerang Bintaro PT Bank Mandiri  Robert Hendrik mengatakan, kegiatan itu memberi kesempatan kepada mahasiswa jadi pengusaha. Pihaknya juga menunjungi mahasiswa di kampus. Misalnya kampus bisnis Prasetya Mulya BSD.

”Kampus itu top karena mulai dari awal kuliah sudah mulai bisnis. Mahasiswa sudah menerapkan bisnis sejak di kampus. Usai kuliah mereka terjun ke dunia bisnis menciptakan lapangan kerja,” kata Robert.

Dijelaskanya, digital fintech merupakan kategori baru dalam bidang usaha teknologi yang dikenalkan dalam ajang tahunan WMM. Masih ada juga bidang usaha lainnya seperti industri perdangangan, jasa, wirausaha kreatif, boga, dan sosial.  "Ajang tahunan WMM bukti komitmen Bank Mandiri mendukung pengusaha muda. Pencipta lapangan kerja, memberi inspirasi.Menarik para inovator muda dibidang fintech untuk berkompetisi," ungkapnya.

Seluruh finalis WMM nantinya akan mendapat akses pembiayaan melalui fasilitas Kredit Usaha Kecil (KUR) Bank Mandiri. Tujuanya agar para wirausaha muda tersebut dapat mengembangkan usaha sehingga bisa terus berlanjut. Untuk tahun WMM 2016 mengusung tema muda, inovatif dan peduli. Kegiatan tersebut menjadi elemen penting untuk menciptakan ekosistem wirausaha yang kondusif. Mengembangkan wirausaha yang tangguh, visioner, inovatif, memiliki daya saing.

Perseroan juga berupaya mendukung pemenang dan finalis untuk melindungi hak kekayaan intelektual terkait bisnis yang digeluti melalui berbagai program pelatihan dan pembinaan. Saat ini tedapat 8100 wirausaha muda baru yang  jadi mitra sinergi pengembangan usaha.Program tersebut  bisa menarik minat mahasiwa untuk mendaftar melalui website Bank Mandiri.

Peserta akan diseleksi mengikuti tahap ada administrasi, survei lapangan, penjurian wilayah untuk diseleksi nasional.  Selain itu, acara tersebut juga menghadirkan pengusaha muda Nicholas Kurniawan. Sebagai alumni Prasetiya Mulya ia sukses menjadi pemenang wirausaha muda mandiri 2013 untuk kategori industri.

Nicholas berbagi inspirasi dengan mahasiswa untuk jadi entrepreneur. Dia menekuni bisnis eksportir  ikan hias.

Sedangkan pengusaha muda lainnya yaitu, David Yuwono. Dia juga almuni Prasetya Mulya yang berbagi kisah pengalamanya mengikuti WMM. Dijelaskan David, ketika itu program tersebut ia duduk di semester tiga dikampus Prasetya Mulya pada 2011.

Melalui bisnis Dry Bag, ia membuat tas dari bahan jins. "Saya cari pemasoknya sendiri. Beli barang beli merk. Kain jins ketika itu sedang tren hingga sekarang. Pelajaran marketing di kampus memotivasi saya," kisahnya.

Untuk memulai bisnis, kata dia, sebaiknya berlawanan dari ide orang lain pikirkan. Banyak konsep bisnis yang bisa dibuat mulai dari situ. "Kenapa jins tidak dibuat tas, karena kalau celana jins sudah biasa digemari anak muda,"ucapnya.

Modal awal Rp 800 ribu dibuat sampel ditawarin ke teman-teman kampus. Cara awalnya dari modal Rp800 ribu dapat delapan tas. Lalu dibeli pakai bayar dimuka Rp 50 ribu. "Di hari ke tiga dapat 100 tas. Lalu saya ikut program lomba WMN 2013 ikut lomba karena hadiah," ucapnya.(yer)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%