Event Reguler Topang MICE

Kamis, 05 Januari 2017 | 11:12
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
ASET NASIONAL: Pameran Batik. Foto: Bandung Ekspress

INDOPOS.CO.ID– Belum adanya komitmen penyelenggaraan event besar pada tahun ini berpengaruh terhadap industri yang berkaitan dengan MICE (meeting, incentives, conference, dan exhibition). Diperkirakan, kegiatan MICE tahun ini tidak sebanyak tahun lalu.

General Manager Convention and Exhibition Grand City Gito Sugiarto memperkirakan pertumbuhan bisnis pada 2017 hanya mencapai 5 lima persen. Padahal, pada 2016, tercatat pertumbuhan hingga 20 persen. Banyaknya event mengerek industri MICE pada tahun lalu. Termasuk ajang internasional seperti Asian-Pacific Aquaculture hingga Preparatory Committee (Prepcom) III United Nation (UN) Habitat.

Kegiatan reguler skala internasional memang tidak sesering dalam negeri. Hingga sekarang, belum ada komitmen akan adanya event internasional di Surabaya. ”Kami dengar event di Bali pada 2017 juga tidak sebanyak 2016,” jelasnya.

Selain event internasional, kegiatan yang banyak digelar merupakan pameran reguler. Misalnya, pameran bahan bangunan, machinery, dan perikanan yang merupakan ekshibisi business-to-business (b-to-b). Menurut dia, tren pameran b-to-b tiap tahun meningkat. Padahal, dulu didominasi business to consumer, tapi kini seimbang.

Yang termasuk pameran consumer adalah otomotif, kesehatan, dan kecantikan. Juga, ada pameran yang melibatkan UMKM. (res/c16/sof/JPG)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%