Diemail, 5.373 WP Ikut Amnesti Pajak

Senin, 09 Januari 2017 | 21:35
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
ILUSTRASI

INDOPOS.CO.ID-Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mencatat 5.373 wajib pajak (WP) ikut amnesti pajak. Angka itu akumulasi dari 204.125 WP penerima surat imbauan lewat email pada 21 Desember lalu. Kala itu, DJP mengirimi surat elektronik pada 204.125 WP untuk mengikuti tax amnesty.

”Setelah kami cek ternyata yang ikut tercatat 5.373 WP,” tutur Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Hestu Yoga Saksama, di Jakarta, Senin (9/1).

Dalam e-mail itu, DJP mencantumkan data kepemilikan harta WP terkait dari pihak ketiga belum dilaporkan ke negara. Nah, 5.373 WP itu mengungkap harta tambahan sekitar Rp 16 triliun.

Menilik efektifitas email itu, dalam waktu dekat DJP akan kembali mengirimkan surat imbauan. Namun, terkait berapa banyak surat akan dikirim, DJP belum bersedia untuk membocorkan. Yang pasti bilang Yoga, pihaknya tengah mengolah data pemilikan harta WP supaya lebih akurat. DJP pernah mengklaim sekitar 680 WP berpotensi menerima e-mail imbauan. ”Yang penting meningkatkan partisipasi WP,” harapnya.

Yoga mengingatkan kalau ada WP menerima e-mail imbauan, maka WP berhak melakukan klarifikasi atas data pihak ketiga yang dimiliki DJP. Kalau ada harta belum dilaporkan, WP bisa mengikuti amnesti pajak. Sebaliknya, kalau data itu tidak akurat, WP bisa melakukan pelaporan langsung ke kantor pajak.

Sesuai Pasal 18 Undang-undang Pengampunan Pajak, kalau WP tidak mengikuti amnesti pajak hingga periode berakhir dan di kemudian hari ditemukan harta belum dilaporkan maka harta itu akan diperlakukan sebagai tambahan penghasilan tahun pajak berlaku.

Dengan begitu, konsekuensi berikutnya, selain WP membayar utang pajak dan dikenai sanksi administrasi sesuai Undang-Undang perpajakan, berupa denda hingga 200 persen. (far)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%