Alokasikan Belanja Modal Rp 650 Miliar

Kamis, 16 Februari 2017 | 09:57
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
ILUSTRASI

INDOPOS.CO.ID-Sepanjang tahun ini, Malindo Feedmill (MAIN) bakal mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar USD 50 juta atau setara Rp 650 miliar. Angka itu menanjak 30 persen dari belanja modal tahun lalu sebesar Rp 500 miliar.

Manajemen mengklaim, belanja modal itu akan dipakai untuk membangun pabrik dan peternakan. Perusahaan tengah mengincar pembangunan pabrik baru di Jawa dan Sumatera. Alokasi dana sekitar Rp 250-300 miliar.

Nanti, sekitar 70-80 persen belanja modal berasal dari pinjaman bank. Kemudian sisa 30 persen dari kas internal perusahaan. Tetapi, komposisi itu bisa dipastikan karena kondisi keuangan telah membaik. ”Skemanya bisa berubah,” tutur Direktur Keuangan Malindo Feedmill Rudi Hartono Husin. 

Kalau dilihat dari laporan keuangan September 2016 lalu, perusahaan berhasil membukukan laba bersih Rp 233,24 miliar, lebih baik dari periode sama sebelumnya menelan rugi bersih Rp 70,81 miliar. ”Kami akan cek dulu kondisi keuangan. Bisa jadi, pinjaman perbankan nanti berkurang,” ulas Rudi.

Rudi mengaku optimistis kinerja tahunan 2016 tidak akan jauh berbeda dengan posisi kuartal III 2016. Artinya, perusahaan tetap akan membukukan laba bersih. Meski begitu, Rudi menolak menbocorkan secara detil terkait kinerja itu. Hanya, setiap tahun perusahaan membidik pertumbuhan pendapatan 15 persen. ”Pertumbuhan diharap 10-15 persen, laba bersih bisa mengikuti,” tegasnya.

Produk makanan olahan bernama Sunny Gold memberi konstribusi kecil terhadap perusahaan. Sunny Gold masih kecil, tidak sampai 5 persen. Kontribusi pakan ternak dan Day Old Chick (DOC) diprediksi tetap tumbuh tahun ini. Perusahaan menganggap persaingan makanan cepat saji dinilai cukup baik. Pangsa pasar di Indonesia berkembang pesat. Masyarakat lebih menyukai makanan cepat saji turut menguntungkan perusahaan. (far)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%