Mitsubishi Ganti Nakhoda, Ishimaki Undur Diri

Teruskan Kelangsungan Small MPV

Rabu, 08 Maret 2017 | 15:00
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
ESTAFET: (ki-ka) Kyoya Kondo dan Hisashi Ishimaki saat pengumuman restrukturisasi pimpinan Mitsubishi Indonesia.

INDOPOS.CO.ID - Pada kesempatan yang sama, Mitsubishi Indonesia mengumumkan restrukturisasi pimpinan perusahaan. Hisashi Ishimaki, yang selama ini menjabat sebagai Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku agen pemegang merek (APM) Mitsubishi di Indonesia, pamit undur diri dari jabatannya di Indonesia.

Ishimaki yang bertugas mengurusi Indonesia sejak April 2015 lalu akan digantikan oleh Kyoya Kondo. Kondo sebelumnya menjabat sebagai General Manager Motor Vehicle, ASEAN & South Asia Departemen Mitsubishi Corporation, Tokyo, Jepang.

Nantinya Mitsubishi yang menangani kendaraan penumpang berubah nama menjadi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Perusahaan ini akan bertanggung jawab terhadap distribusi dan penjualan kendaraan penumpang Mitsubishi. ''Di momen bahagia ini saya sekaligus ingin memberitahukan bahwa saya segera akan mengakhiri jabatan sebagai Presiden Direktur, karena ditugaskan kembali ke Jepang. Dan saya ingin memperkenalkan penerus saya di Indonesia, Kyoya Kondo,'' ujar Ishimaki.

Kyoya Kondo, memiliki pengalaman dalam penjualan mobil penumpang di berbagai negara. Sebelum Indonesia, ia sempat ditempatkan di beberapa negara Asia Tenggara lain. ''Sepanjang karir, saya sudah terbiasa ditempatkan di luar Jepang. Selama 20 tahun, saya berpindah dari Thailand, Malaysia, Filipina, dan Indonesia adalah negara keempat saya,'' tandasnya.

Kondo resmi menggantikan Hisashi Ishimaki pada 1 April nanti. Dengan warisan besar yang ditinggalkan Ishimaki, Kondo memegang peranan yang sangat besar. Misalnya saja kelangsungan penjualan Pajero Sport setelah lokalisasi produksi, juga kiprah Small MPV berbasis XM Concept. Indonesia menjadi pionir di dunia untuk Small MPV ini. ''Meski setiap negara di Asia Tenggara berbeda, saya menganggap Indonesia rumah saya juga. Saya sangat menunggu dan tertarik untuk segera beroperasi bersama Mitsubishi Indonesia,'' katanya.

Seperti dijelaskan sebelumnya, pendirian perusahaan ini merupakan bentuk komitmen mereka untuk lebih strategis menggelar operasi bisnis di tanah air. Sejak 1970, Mitsubishi Indonesia mengandalkan seluruh operasinya dalam satu perusahaan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). Penjualan dan produksi mobil serta truk dan kendaraan komersial semua berada dalam satu keseluruhan struktur. Namun 1 Aprilnanti struktur itu berubah.

MMKSI fokus mendistribusikan dan melayani penjualan serta pelayanan konsumen. Sementara produksi mobil, ditugaskan pada PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). Untuk bisnis produksi truk dan distribusinya, nanti dijalankan oleh Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation.

Dengan skema bisnis seperti ini, masing-masing perusahaan diharapkan dapat berkembang ke arahnya masing-masing tanpa saling ketergantungan. Perusahaan yang dipimpin Kondo (MMKSI) didirikan dengan alokasi saham 40 persen Mitsubishi Corporation (MC), 30 persen Krama Yudha (KY), dan 40 persen Mitsubishi Motors Corporation (MMC). (dew)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%