17 Perusahaan Inovatif, Raih Penghargaan Pertama di Indonesia

Sabtu, 11 Maret 2017 | 08:30
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
PERTAMA: Sebanyak 17 perusahaan inovatif, Jumat (10/3) mendapatkan penghargaan "Pertama di Indonesia" 2017. Foto: Deri Akhirianto/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID-Sebanyak 17 perusahaan inovatif, Jumat (10/3) mendapatkan penghargaan "Pertama di Indonesia" 2017. Penghargaan diberikan oleh TRAS N CO Research, di Ballroom II, Ritz Carlton Hotel, Kawasan Mega Kuningan,  Jalan  Prof. Dr. Satrio, Jakarta Selatan. Yakni sebagai bagian penting dari upaya memacu pertumbuhan inovasi, kreativitas dan invensi dalam dunia bisnis.

"Ide  ini sudah 3 tahun lalu, banyak yang melakukan inovasi dan mengklaim yang pertama melakukan inovasi. Kemudian kita melakukan verifikasi, benar atau tidak. Kemudian tahap pengumuman, kita viralkan di medsos,  FB, banyak yang melihat. Ketika tidak ada komplain, baru kita umumkan. Kami juga mengecek langsung ke perusahaan tersebut," ujar Chairman TRAS N CO Research, Tri Raharjo, Jumat (10/3).

Menurutnya, semangat untuk menjadi yang terdepan, dan Pertama di Indonesia, patut diapresiasi. Sehingga dapat melecut spirit inovasi dan kreatifitas pelaku bisnis di Indonesia menjadi lebih baik. Dan lebih massif lagi. "Terutama dalam meraih kepercayaan konsumen dalam membeli produk atau layanan," jelas Tri.

Lebih lanjut ia mengatakan,TRAS N CO Research melakukan survey terhadap 100 perusahaan yang terpilih dan tersurvei. Yang dinilai telah berhasil menciptakan inovasi dan karya "Pertama di Indonesia" Adapun metodologi penilaian "Pertama di Indonesia" berdasarkan tiga aspek penilaian. "Yakni, The First Aspect, Evidence Aspect dan validation Aspect," ujar Tri.

The First Aspect, bahwa perusahaan yang meraih "Pertama di Indonesia" memenuhi unsur pertama di Indonesia di kategori produk ataupun jasa, baik Inovasi, Karya, ataupun pionir di kategorinya.

Sedangkan  Evidence Aspect, perusahaan peraih Pertama di Indonesia memiliki alat bukti atau dapat dibuktikan melalui pemberitaan media, sebagai pertama di Indonesia untuk di kategori produk dan jasanya. "Dan Validation Aspect, bahwa perusahaan peraih Pertama di Indonesia wajib menandatangani surat validation data atau disclaimer sebagai Pertama di Indonesia dan atau dibuktikan dengan online validation survey melalui mesin pencari," ujarnya.

Survey dilakukan  15 Desember 2016 sampai dengan 15 Febuari 2017. Adapun ke 17 peraih penghargaan "Pertama di Indonesia 2017" yakni,  Campina Lu Ve Litee, Es Krim "Non Dairy" Pertama di Indonesia.  Cinemaxx Junior, Bioskop anak-anak pertama di Indonesia. Ketiga, My Baby, Minyak Telon dengan tambahan manfaat anti nyamuk pertama di Indonesia.

Pertamina, Pelumas 'Food Grade' bersertifikat halal pertama di Indonesia, Pertamina FG-HO (Foof Grade-Hydraulic Oil) dan Pertamina FG-Go (Foof Grade-Gear Oil).  Panasonic, Pompa Air Hemat Listrik Pertama di Indonesia. Starlet Hotel Serpong, Hotel Ekonomis dengan teknologi aplikasi mobile pertama di Indonesia. 

Sweety Gold, Diapers pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi Dermatologist Australia. Zurich Pro-Fit 8 (Zurich Protection dan Benefit 8), Asuransi Dwi Guna Inovatif pertama di Indonesia yang menawarkan manfaat ganda berupa jaminan cashback tahunan dan hasil investasi potensial.  Hemaviton C1000+Collagen, minuman kesehatan pertama di Indonesia dengan vitamin C1000 mg dan Collagen 1000 mg. 

OCBC NISP Voyage dengan Visa Infinite Platform, Kartu Kredit metal pertama di Indonesia. .Alfamind, Jaringan Toko Ritel Virtual 3D Pertama di Indonesia. . Confidence Adult Diapers, Adult Diapers tipe perekat, dengan 3 inovasi soft breathable cotton care, extract aloe vera dan durable absorbent core pertama di Indonesia.

RJ Steel, Franchise Mur dan Baut pertama di Indonesia. TIKI Self Service Machine, Self Service Machine pengiriman barang pertama di Indonesia. Astagraphia, layanan purna jual dengan waktu perbaikan maksimal 3 jam untuk mesin fotocopy dan multifungsi pertama di Indonesia.  AXA Life Secure Payment, Asuransi dengan layanan interactive Voice Respon (IVR) pertama di Indonesia. Serta  HIKVISION Technology, CCTV Smart IP camera dengan kualitas gambar full hingga 4K dengan wilayah pemantauan yang lebih luas pertama di Indonesia.

"Penghargaan Pertama di Indonesia, akan mendorong kepercayaan konsumen untuk membeli sebuah produk. Atau layanan yang inovatif dan bersifat consumer centric," ujar Tri. "Saya melihat retention to buy, bisa dilakukan dengan memberikan alternatif produk atau layanan baru yang relatif tidak terpikirkan sebelumnya oleh banyak pemain bisnis di kategori sebuah industri," pungkasnya. (dai)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%