Japfa Foundation Angkat Duta Ayam Lokal

Senin, 20 Maret 2017 | 19:57
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
POTENSI: JAPFA Foundation mengangkat Ade M. Zulkarnain sebagai duta ayam lokal. Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya mendorong pertumbuhan UKM menuju pasar global

INDOPOS.CO.ID JAPFA Foundation terus meningkatkan peternakan di tanah air. Setelah mengandeng SMK dalam meningkatkan pendidikan di bidang peternakan melalui pembinaan tenaga pengajar serta para siswa SMK.

Kali ini, melalui kegiatan pemaparan bertajuk mengangkat Potensi Sumber Daya Genetik Ternak Asli Indonesia yang Berdaya Saing dalam menghadapi Pasar Global yang digelar di Balai Kartini, Jakarta, Jum`at (17/3). JAPFA Foundation mengangkat Ade M. Zulkarnain sebagai duta ayam lokal.

Sebagai duta, Ade memiliki tiga hal pokok dalam menjalankan tugas-tugasnya, yakni, Melindungi mengembangkan dan mendukung riset dan science ayam lokal indonesia (termasuk ayam kampung), Melestarikan keturunan ayam lokal (ayam kampung dan lain-lain), serta Mendorong pertumbuhan UKM dan usaha terkait ayam lokal sehjngga dapat menjadi usaha yang menghasilkan.

Kiprah Ade sebagai peternak ayam membawanya hingga ke posisi sebagai Sekretaris Jenderal Sekjen Dewan Peternak Rakyat Nasional atau Depernas, yang memiliki 17 anggota asosiasi dari berbagai komoditas ternak. Namun lika-liku perjalanan Ade dalam pengembangan bisnis peternakan ayam telah dirintis sejak awal 2003. Kala itu, banyak orang mempertanyakan pertimbangannya memilih ayam kampung sebagai usaha ternak.

Dua tahun beternak ayam kampung, tepatnya pada Juli 2005, bisnis Ade rontok lantaran mewabahnya virus flu burung. Ribuan ekor ayam mati. Ratusan ekor harus dimusnahkan. ”Ini adalah kasus flu burung terbesar di Indonesia yang menyerang ayam kampung di satu lokasi,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ade memaparkan ayam kampung atau ayam lokal bukan penyebar flu burung seperti yang selama ini digaungkan. Berdasarkan penelitian, ia menjelaskan ayam lokal lebih resisten terhadap penyakit. Selain itu, kandungan lemak ayam lokal lebih rendah, non kolesterol, dan non arsenik. ”Ini kelebihan ayam kita yang tidak banyak diketahui orang,” katanya.

Yayasan Japfa Foundation mendorong kembali berjayanya ayam lokal di Indonesia. Kepala Japfa Foundation, Andy Prasetyo mengatakan ras ayam lokal perlu dilindungi karena memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi.

“Dengan dilantiknya Ade M. zulkarnain sebagai duta ayam lokal kami harapkan bisa membantu perkembangan dunia pendidikan agrikultur dan perlindungan ras ayam lokal,” jelasnya.

Sejumlah narasumber dihadirkan oleh JAPFA Foundation pada acara tersebut, yakni Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita MP, dan Dr. Ir. Tike Sartika, serta duta ayam lokal terpilih Ade M. Zulkarnain, MSA. (ash)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%