Belanda Minati Investasi Agrikultur

Sabtu, 15 April 2017 | 13:24
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
ilustrasi

INDOPOS.CO.ID– Sektor pertanian dan peternakan yang berkembang di Jawa Timur bisa pula menarik minat investasi asing. Salah satunya adalah Belanda yang terkenal unggul di bidang industri pengolahan agrikultur.

Kepala Badan Penanaman Modal Jawa Timur Lili Soleh Wartadipradja menyatakan, Belanda selama ini banyak tertarik pada pengolahan sejumlah produk seperti persusuan, buah-buahan, dan sayur-sayuran. ”Itu sangat cocok dengan yang dimiliki atau dihasilkan Jawa Timur,” katanya.

Lili menambahkan, Jatim akan mengembangkan galangan kapal yang juga merupakan minat investasi Negara Kincir Angin tersebut. Dia mengungkapkan, dalam dua tahun terakhir, ada 74 proyek yang melibatkan Belanda senilai Rp 9 triliun. Tahun ini investasi dari Belanda ditargetkan mendapat paling tidak Rp 7 triliun.

”Kalau dari izin, prinsip itu masih ada, sekitar 13 perusahaan,” ucapnya. Dia menambahkan, beragamnya negara yang bertanam modal akan memperkuat stabilitas investasi di Jatim.

Daerah di Jatim yang memiliki potensi investasi shipyard dan shipbuilding adalah Lamongan, Probolinggo, dan Banyuwangi. Sementara itu, pengolahan makanan serta minuman berada di Pasuruan dan Mojokerto. Untuk kimia farmasi, biasanya ada di daerah Gresik. Selanjutnya, untuk alas kaki, ada di Sidoarjo, Jombang, serta Nganjuk.

Selain Belanda, negara lain yang bertanam modal di Jatim, antara lain, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Amerika, Inggris, dan Denmark. (car/c24/sof/Jawa Pos/JPG)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%