Harapan Wapres AS untuk Iklim Investasi di Indonesia

Pence mengunjungi Indonesia pada 20-21 April 2017

Kamis, 20 April 2017 | 17:37
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Wapres AS Mike Pence berdiskusi dengan Presiden RI, Joko Widodo

INDOPOS.CO.ID - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence meneruskan beberapa pesan dari Presiden AS, Donald Trump kepada Presiden Joko Widodo. Trump meminta kepada pemerintah Indonesia agar memberikan kemudahan bagi AS untuk berinvestasi.

Pence datang ke Indonesia pada Kamis, (20/4) sampai Jumat, (21/4) besok. Pence menilai, hubungan dagang AS dengan Indonesia sudah berjalan dengan baik. AS memberikan ruang pada eksportir asal Indonesia menanamkan investasi di AS. Begitu sebaliknya.

AS merupakan mitra dagang terbesar ketiga bagi Indonesia setelah Jepang dan China .  Statistik Kementrian Perdagangan mencatat, neraca perdagangan menunjukkan nilai ekspor komoditas nonmigas Indonesia ke AS Januari 2017  sebesar US$1,43 miliar. Angka itu menempati peringkat kedua setelah Tiongkok mencapai US$ 1,55 miliar.

Dalam jumpa pers di Istana Negara, Kamis, (20/4), Pence percaya kedua belah pihak sepakat untuk mengatasi hambatan bersama-sama sekaligus memastikan, eksportir AS bisa berpartisipasi secara penuh di pasar Indonesia.  

“Kebebasan sama bakal didapat eksportir Indonesia di berbagai sektor di AS selama beberapa tahun,” kata Pence.

Dia melanjutkan, perusahaan dan produk AS sudah mengambil peran bagus bagi perekonomian Indonesia. Karena itu, Pence berharap, Indonesia membuka pasar dalam skala luas untuk produk AS. "Seperti  sering disampaikan Presiden Jokowi, kami mencari hubungan  win-win relationship dan kami optimsitis dapat mencapai tujuan itu," tutur Pence melanjutkan.

Pencapaian dan peningkatan kerja sama antara AS dan Indonesia menjadi cita-cita Trump.  “Pemerintahan Trump, AS ingin hubungan perdagangan dua negara dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi kedua negara.”

Editor : Redjo Prahananda
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%