KPPU Tertibkan Monopoli Dagang

Jumat, 19 Mei 2017 | 20:15
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Foto : istimewah

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) makin serius menertibkan segala bentuk dugaan pelanggaran monopoli dagang yang terjadi di tanah air.

Yang terbaru, KPPU menangani kasus dugaan monopoli dua perusahaan produsen air minum dalam kemasan (AMDK), yakni PT Tirta Investama (Aqua) dan PT Balina Agung Perkasa.

Kedua perusahaan tersebut diduga melanggar pasal 15 ayat 3 huruf b dan pasal 19 huruf a dan b Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Sidang monopoli telah memasuki sidang ke dua. ”Membawa ke persidangan bukan langkah yang terburu-buru,” ujar Helmi Nurjamil, tim investigator KPPU dalam keterangannya, Jumat (19/5).

Dalam kasus ini, KPPU telah menemukan bukti monopoli dagang. Salah satunya menemukan bukti komunikasi melalui email PT Tirta Investama dan PT Balina Agung Perkasa yang menekan agar para agen besar tidak menjual AMKDK produksi PT Tirta Fresindo Jaya.

Dalam temuan ini disebutkan bahwa jika ada pedagang yang membangkang, maka status penjualannya akan diturunkan menjadi whole seller. ”KPPU sebagai komisi yang ditunjuk negara untuk menjadi wasit dalam persaingan usaha telah bertindak cekatan dalam memberantas upaya monopoli,” katanya. (ash/JPG)

Editor : Ali Rahman
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%