Harga Patokan Ekspor Tambang Turun

Sabtu, 03 Juni 2017 | 13:13
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
ILUSTRASI: Batubara. Foto: Prezi

INDOPOS.CO.ID– Harga patokan ekspor (HPE) produk pertambangan yang dikenakan bea keluar (BK) mengalami beberapa perubahan akibat fluktuasi harga internasional. Jika dibandingkan dengan periode Mei 2017, sebagian besar komoditas mengalami penurunan HPE.

”Hanya produk konsentrat mangan, konsentrat ilmenit, dan konsentrat rutil yang mengalami kenaikan tipis,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan.

Sejumlah produk pertambangan yang dikenai BK adalah konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, dan pellet konsentrat pasir besi. Kemudian, konsentrat mangan, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat ilmenit, konsentrat rutil, nikel, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian.

Perhitungan harga dasar HPE untuk komoditas konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, konsentrat mangan, konsentrat ilmenit, dan konsentrat rutil bersumber dari Asian Metal. Sedangkan konsentrat tembaga, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat timbal, konsentrat seng, nikel, dan bauksit bersumber dari London Metal Exchange (LME).

Dibanding periode sebelumnya, penurunan HPE dialami sebagian besar produk pada periode Juni. Konsentrat tembaga pada periode Juni ditetapkan dengan harga rata-rata USD 1.955,17/WMT atau turun 2 persen dan konsentrat besi dengan harga rata-rata USD 62,54/WMT atau turun 18,59 persen. (agf/c21/sof/jawa pos/JPG)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%