CSR

STP Bangun Toilet untuk SDN Tambun Raya

Rabu, 26 Juli 2017 | 19:06
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
CSR: Peresmian bantuan toilet STP untuk SDN 091436 Tambun Raya, Kamis (20/7).Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID-Dinas Pendidikan Kab Simalungun melalui Kepala UPTD Pendidikan Kec. Pematang SIdamanik, Aratua Purba, S.Pd, M.Si mememberikan apreasi kepada PT Suri Tani Pemuka (STP) atas kepeduliannya terhadap sekolah di sekitar lokasi usahanya. Apresiasi tersebut diberikan pada saat penyerahan bantuan toilet untuk SDN 091436 Tambun Raya, Kamis  (20/7).

“Mewakili Dinas Pendidikan Kab. Simalungun kami berterimakasih kepada STP karena memperhatikan sarana pendidikan di sekolah dasar. Bantuan ini sangat dibutuhkan bagi sekolah karena selama ini tidak memiliki toilet,” ujar Aratua Purba. ”Harapannya dengan adanya toilet di sekolah kesehatan anak-anak makin meningkat dan tumbuh budaya hidup bersih dan sehat,” lanjutnya.  

Lebih, lanjut Purba, juga menekankan toilet merupakan hal esensial yang harus dimiliki sekolah. Toilet menjadi faktor pendukung sehatnya lingkungan sekolah. Selain itu menurutnya dibangunnya toilet akan mengajarkan anak-anak untuk memiliki perilaku hidup bersih dan sehat. Upaya tersebut setidaknya bisa dimulai dari lingkungan sekolah. 

Mengutip hasil temuan dalam Buku Gerakan Penyelematan Danau (GERMADAN) Danau Toba besutan Kementrian LHK tahun 2015 menunjukkan bahwa limbah domestik merupakan kontributor polutan terbesar untuk parameter TSS dan BOD. Sedangkan untuk kategori COD, limbah domestik merupakan penyebab polutan terbesar kedua. 

”Bantuan toilet ini kami serahkan sebagai langkah awal untuk SDN 091436 Tambun Raya, nantinya akan ada dua sekolah lain yang akan mendapatkan bantuan karena mereka belum memiliki fasilitas toilet,”  ujar Direktur STP, Jenny Budiati. ”Bantuan untuk dua sekolah nantinya akan didukung oleh Japfa Foundation,” lanjutnya. 

Lebih lanjut Jenny menjelaskan pilihan STP untuk memulai dari sekolah agar terbangun budaya hidup bersih dan sehat dimulai dari anak-anak dan guru menjadi motornya. Harapannya perubahan perilaku tersebut akan juga dapat ditularkan dan berkembang di masyarakat.

Sebelumnya STP juga telah mencanangkan Gerakan Kebersihan Sekolah di 3 SDN di sekitar Tambun Raya dan Tigaras.  Dan sebagai bentuk apresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut, pada kesempataan yang sama STP juga membagikan tas sekolah kepada siswa dari Sekolah Dasar Negeri sekitar lokasi suaha STP. 

“Budaya hidup bersih dan sehat merupakan faktor mendasar yang harus diperhatikan dalam upaya pelestarian Danau Toba,” tegas Jenny. “STP sebagai salah satu stakeholder yang berada di Danau Toba mengambil inisiatif ini untuk bersama dengan masyarakat menjaga kelestarian Toba,” imbuhnya.

Jenny juga menjelaskan upaya STP untuk menjaga kelestarian Danau Toba juga dilakukan dalam kegiatan budidayanya. Salah satunya mengembangkan pakan “eco feed”, pakan apung yang memiliki kandungan phospor rendah. Berbekal dari riset berpuluh tahun, pakan yang digunakan untuk proses budidaya sudah terjamin tidak akan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. 

“Pemberian pakan ikan kami menggunakan Feed Broadcaster sehingga pakan dapat terdistribusi secara merata, efisien dan cepat dimakan ikan,”  jelas Jenny. 

Upaya tersebut menurut Jenny, dilakukan STP agar ikan yang dihasilkan oleh STP dapat memenuhi praysarakat masuk ke pasar Amerika dan Eropa. Salah satu prasyarat utamanya adalah budidaya Ikan haruslah memiliki aspek kesinambungan dan tidak melakukan pencemaran dan pengrusakan terhadap lingkungan. 

“Kerja keras STP untuk terus menjaga kelestarian Danau Toba sejak proses budidaya terbayar dengan menjadi salah satu produsen Ikan Tilapia yang dipercaya masuk ke pasar Amerika dan Eropa,” Jelas Jenny. “Brand Toba Tilapia untuk produk STP menjadi jaminan mutu ikan tilapia berkualitas tinggi serta dibudidayakan dengan prinsip sustainable fisheries,” tambahnya. (wsa) 

 

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%