Banyak Mobil Baru Muncul, Harga Mobil Bekas Turun 20 Persen

Rabu, 23 Agustus 2017 | 21:37
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
FOTO BARENG: (ki-ka) Chief Marketing Officer OLX Indonesia Edward Kilian, Head of Car Category OLX Indonesia David Alexander, dan Chief Commercial Officer OLX Indonesia Agung Iskandar ketika melakukan sesi foto bersama. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID- Otomotif atau kendaraan bermotor menjadi salah satu kategori yang paling banyak diminati oleh pengguna OLX di Indonesia. ”Berdasarkan data terakhir kami, terdapat lebih dari 140 ribu orang yang memanfaatkan OLX untuk menjual mobil bekas dan lebih dari 150 ribu orang menjual motor bekas setiap bulannya,” ujar Chief Marketing Officer OLX Indonesia Edward Kilian Suwignjo.

Jumlah calon pembeli yang sangat besar, mencapai 580 ribu setiap bulan untuk mobil dan 550 ribu setiap bulan untuk motor, menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menggunakan OLX karena membantu mereka menjual kendaraan bermotor bekasnya dengan sangat cepat.

Dalam catatan OLX, transaksi yang difasilitasi oleh OLX untuk kategori mobil bekas senilai Rp. 26 triliun setiap bulannya, dan untuk motor bekas senilai Rp.1?,?5 triliun setiap bulannya. Dinamisnya pasar jual-beli mobil di OLX diikuti dengan volume transaksi yang juga tinggi, memberikan kesempatan bagi OLX untuk merekam pergerakan pasar serta tren yang terjadi dalam industri ini.  

Di Indonesia, mobil segmen MPV menjadi primadona di kalangan masyarakat luas. Penjualan mobil segmen MPV, di Indonesia, masih menjadi yang tertinggi. Kondisi yang sama juga terjadi di pasar jual-beli mobil bekas online, OLX. Menurut data OLX di kuartal kedua 2017, iklan-iklan mobil MPV mendominasi dengan total presentase 45,2 persen, disusul oleh hatchback dengan 19,1 persen, sedan 16,8 persen dan SUV 16,3 persen.

“Peluncuran mobil-mobil baru di segmen MPV pada gelaran GIIAS lalu, membuat segmen ini akan tetap merajai jual-beli mobil bekas, di OLX,” terang Chief Commercial Officer OLX Indonesia, Agung Iskandar. Menurut Agung, tingginya minat masyarakat atas MPV baru membuat persentase penjualan segmen MPV di pasar mobil bekas akan cenderung stabil bahkan naik di kisaran 45 persen sampai 50 persen.

Data OLX yang terangkum dalam Otojurnal Tren Industri Mobil Bekas di Indonesia, menunjukkan, harga mobil bekas cenderung turun di tengah tahun karena banyaknya mobil baru yang diluncurkan. Pertengahan tahun menjadi salah satu waktu yang tepat untuk membeli mobil karena rata-rata harga mobil bekas turun sampai 20 persen, dan tren ini juga terjadi pada kuartal yang sama dua tahun berturutan. Meskipun demikian, penjual mobil tetap dapat diuntungkan mengingat data menunjukkan bahwa setiap tahunnya, terjadi peningkatan kecepatan penjualan mobil bekas. 

”Melihat data yang ada, kecepatan penjualan mobil di OLX pada kuartal kedua 2017 rata-rata tiga hari lebih cepat dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujar Chief Marketing Officer OLX Indonesia Edward Kilian.

Rata-rata dibutuhkan waktu enam hari bagi sebuah mobil untuk laku, di OLX. Bahkan, untuk beberapa tipe, waktu yang dibutuhkan dapat lebih singkat. Avanza, secara rata-rata hanya membutuhkan waktu tiga sampai empat hari. Sementara Daihatsu Xenia dan Toyota Agya membutuhkan waktu empat sampai lima hari untuk laku.

Selain mobil bekas, kategori mobil di OLX juga menjadi tempat bagi terjadinya transaksi aksesoris, spare part, audio mobil maupun ban dan velg. Jumlah iklan atas barang-barang tersebut per bulannya mencapai angka 129 ribu. Iklan mengenai barang-barang tersebut setiap bulannya dicari oleh 223 ribu orang calon pembeli. (wsa)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%