Demi Kenyamanan Customer, FIFGROUP Gunakan Internal Collection

Senin, 11 September 2017 | 20:47
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
KOMIT: FIFGROUP senantiasa mengutamakan kenyamanan pelanggannya. Foto: wahyu sakti awan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID-Banyak perusahaan leasing yang menggunakan tenaga debt collector atau penagih utang untuk menyelesaikan masalah dengan konsumen. Namun, perusahaan pembiayaan terbesar Tanah Air FIFGROUP memilih menghindari menggunakan jasa ini demi kenyamanan jutaan konsumennya.

Head of Corporate Communication FIFGROUP Arif Reza Fahlepi  mengatakan, untuk memberikan pelayanan terbaik, FIFGROUP lebih memilih menggunakan personal collection.

”Personal collection ini adalah pegawai resmi kami. Artinya mereka terdaftar sebagai karyawan, dan memiliki kartu identitas resmi serta selalu dibekali dengan surat tugas,” kata Arif Reza Fahlepi.

Menurut Reza, perusahaannya memiliki standar baku tentang penanganan kasus kredit bermasalah. Jika konsumen menunggak angsuran, langkah pertama yang dilakukan FIFGROUP adalah dengan mengirimkan surat somasi.

Jika masih menunggak, kemudian dikirimkan peringatan pertama sampai ketiga. ”Setelah itu, kami juga melakukan dialog, membantu mencari jalan keluar terbaik. Jika menemui jalan buntu, kita akan baik-baik meminta unitnya untuk ditarik sesuai perjanjian yang sudah kita sepakati,” ujar Arif Reza Fahlepi.

Namun, katanya, ketika konsumen melanggar perjanjian, misalnya unit sudah dipindahtangankan secara tidak resmi,  maka FIFGROUP akan menempuh jalur hukum. 

”Oleh undang-undang, kami diperbolehkan dan punya hak untuk itu, dan itu dibenarkan. Namun, sebelum semua ini terjadi, tentunya di awal kami sudah melakukan pendekatan dengan baik-baik dengan konsumen yang bersangkutan. Intinya, kami lebih mengutamakan dialog agar menemukan jalan keluar terbaik daripada kami harus menyelesaikannya di pengadilan,” katanya.

Menurut Reza, tugas internal collection tidak hanya sebatas menarik barang kredit  yang macet. Mereka juga diberikan bekal untuk memberikan solusi dan jalan keluar agar mendapatkan win-win solution. ”Jadi, kalau ada masyarakat yang mengetahui ada petugas kami bertindak di luar koridor hukum, silahkan laporkan ke kami atau telepon ke Hallo FIFGROUP di 1500343,” tegas Reza.

Di sisi lain, Reza juga menegaskan, selain menjalankan bisnis multifinancing, perusahaannya juga terus mengembangkan program Corporate Sosial Responsibility (CSR). Kegiatan CSR FIFGROUP terbagi kedalam empat pilar yaitu pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat serta lingkungan.

”Hal utama yang kami tekankan adalah kami juga harus memberikan manfaatkan kepada masyarakat di sekitar kantor kami. Di semua wilayah di Indonesia, termasuk di Aceh. Banyak hal yang sudah kita lakukan untuk masyarakat di sana. Yang terbaru adalah perayaan Idul Adha, di mana cabang kami di Langsa berbagi dengan sesama melalui penyerahan hewan kurban di dua lokasi berbeda, yakni di Desa Kesehatan, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang dan Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa pada Kamis, 31 Agustus 2017 lalu,” kata Reza. (wsa)

 

 

 

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%