Beralihnya Gaya Hidup Mahasiswa, dari Indekos ke Apartemen

Senin, 11 September 2017 | 21:10
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Apartemen Melati Jatinangor. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID-Gaya hidup generasi milenial pun berubah. Jika dulu mahasiswa banyak yang tinggal di kos-kosan, saat ini banyak yang memilih untuk tinggal di apartemen.

Nah, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan properti dan berkembangnya gaya hidup masyarakat, khususnya di daerah Bandung dan sekitarnya,  prospek hunian vertikal (apartemen) yang menyasar market mahasiswa kian menjanjikan. 

Kini mulai jamak ditemui mahasiswa-mahasiswi di kota Bandung dan sekitarnya yang lebih memilih tinggal di apartemen ketimbang di rumah kontrakan atau kamar kos. Alasannya, di apartemen selain kondisi kamarnya nyaman, fasilitas yang disediakan pun lebih banyak dan dapat digunakan secara gratis, antara lain: akses internet, kolam renang, gym, jogging track, hingga student center.

Tak hanya itu, faktor keamanan dan privasi pun lebih terjaga. Ditambah lagi tersedianya fasilitas penunjang gaya hidup lainnya seperti minimarket, café, dan lain-lain. 

Lain halnya alasan yang dikemukakan oleh Linda, orangtua dari Vanessa, calon mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri yang berada tak jauh dari apartemen Taman Melati Jatinangor. Menurutnya, posisi apartemen yang strategis dan view yang indah begitu membuka jendela kamar telah memincut hatinya untuk membeli salah satu unit apartemen di Taman Melati Jatinangor bagi putrinya yang baru saja diterima di perguruan tinggi negeri tersebut.

”Udaranya juga sangat sejuk dan segar. Apalagi view hamparan sawah nan hijau dan rimbunnya pepohonan yang membentang di sekitar apartemen, bikin betah!,” katanya.

Taman Melati Jatinangor merupakan pengembangan proyek pertama yang dibangun di kawasan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat oleh PT Adhi Persada Properti (APP) anak perusahaan dari PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Dalam kurun waktu satu setengah tahun tepatnya di tahun 2015 apartemen yang memiliki luas tanah 5100 m2 ini selesai dibangun.

Lokasi apartemen ini dapat dikatakan sangat strategis karena dekat dengan kampus-kampus terbaik seperti Universitas Padjajaran (UNPAD), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN), Universitas Winaya Mukti (UNWIIM).

''Dari sekian banyak universitas terbaik yang berada di Jatinangor, UNPAD adalah kampus terdekat dengan Taman Melati Jatinangor. Awalnya kami melihat bahwa terdapat mahasiswa baru yang akan melakukan pendidikan di kampus tersebut. APP mendapat data hampir sekitar 8000 mahasiswa setiap tahun yang melangsungkan pendidikan di sana. Hal tersebut memicu APP untuk membangun hunian dekat kampus dengan target segmentasi mahasiswa,'' kata Agus Setiawan, Project Manager Property Taman Melati Jatinangor.

Apartemen single tower 16 lantai dengan total jumlah unit sebanyak 770 ini memiliki tiga tipe unit, diantaranya yaitu tipe studio biasa dengan ukuran 21,3 semi gross, tipe studio khusus dengan ukuran luas 24,7 semi gross dan tipe two bedroom dengan ukuran luas 42 semi gross.

”Jadi pembagiannya adalah 80 persen untuk tipe studio,10 persen untuk tipe studio khusus, lima persen untuk tipe 2 bedroom dan lima persen untuk komersial yang berada di lantai LG. Kalau ground kami, separuhnya untuk komersial dan separuhnya lagi untuk unit,” tambah Agus. 

Taman Melati Jatinangor memiliki spesifikasi paling tinggi karena lantai di setiap unit sudah memakai homogenous tile. Sementara untuk lantai kolam renang menggunakan batu alam. Selain itu apartemen ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai furnished pada setiap unitnya, seperti rak TV, tempat tidur, internet dan water heater.

Untuk fasilitasnya sendiri, terdapat swimming pool dengan view yang indah, ruang meeting, dan mini market yang membantu untuk memenuhi kebutuhan para penghuni apartemen. Agus juga menandaskan bahwa para penghuni tidak perlu khawatir dari sisi keamanan karena apartemen ini dilengkapi sistem keamanan 24 jam dan penggunanaan access card sehingga mampu memberikan keamanan, kenyamanan dan ketenangan bagi para penghuni yang tinggal di apartemen tersebut. 

Agus juga mengungkapkan karena apartemen ini menyasar target pasar mahasiswa, maka APP berencana untuk membangun student hall center dengan free wifi sebagai salah satu bentuk fasilitas yang menunjang kebutuhan mahasiswa dalam belajar, juga akan membangun fitness center, jogging track, serta shuttle car. (dew)

 

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%