Universitas Prasetiya Mulya

Rangsang Entrepreneurship dengan IDEACRAFT 2017

Selasa, 12 September 2017 | 17:20
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
BERBINCANG: Petinggi Universitas Prasetiya Mulya memberikan gambaran terkait kegiatan IDEACRAFT 2017 di kampus Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (9/9).

INDOPOS.CO.ID - Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetya Mulya kembali mengadakan serangkaian kegiatan terkait entrepreneurship. Melalui Himpunan Mahasiswa-i Pascasarjana (Management Society) menggelar sebuah kompetisi bisnis bernama IDEACRAFT 2017.

Kompetisi tersebut memberi kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswi S1 dari berbagai jurusan di seluruh Indonesia untuk menjajal kemampuan bersbinis mereka.

Wakil Dekan III Universitas Prasetya Mulya Rudy Handoko mengatakan, sebagai sekolah bisnis dan ekonomi terdepan di Indonesia, pihaknya memiliki tanggung jawab sebagai penggerak dalam pemajuan ilmu pengetahuan. Termasuk pembentukan dan penumbuhan usaha yang inovatif dan unggul melalui pendidikan, penelitian, dan pelatihan, dalam bidang ilmu bisnis, sosial, dan sains terapan.

”Semuanya demi kesejahteraan bangsa di masa depan. Karena itulah, kami terus berupaya untuk mengimplementasikannya dalam suatu forum yang dinamai ”Pitch First 2017: National Business Pitching Competition”,” jelasnya di kampus Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (9/9).

Project Director Pitch First 2017 Milka Setiadi menjelaskan, dalam kompetisi tersebut, peserta diberikan ruang untuk menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mereka dalam mengekspresikan dan mempresentasikan ide bisnisnya melalui kompetisi business pitching. ”Pada tahun pertama pelaksanaan Pitch First 2017 ini, tema yang diusung adalah ”Social Empowerment through Profitability”. Nantinya, ide bisnis yang diusung oleh peserta diharapkan tidak sekedar menghasilkan profit, tetapi juga memberikan dampak positif secara konsisten dan berkesinambungan bagi masyarakat dan lingkungan,” paparnya.

Pitching adalah sebuah istilah yang merujuk pada kegiatan mempresentasikan suatu ide atau gagasan kepada orang lain atau khalayak ramai. Istilah pitching sangatlah akrab terutama bagi para pelaku bisnis di dalam dan atau luar negeri.

Oleh karena itu, di dalam bisnis secara spesifik pitching mempresentasikan segala hal yang berkaitan dengan ide atau gagasan bisnis di hadapan para calon investor. Tujuannya, untuk mengumpulkan dana untuk kegiatan bisnis yang diajukan.

”Kami memberikan wadah untuk mengukur kesiapan dan kapabilitas diri dan ide bisnis peserta di hadapan para dewan juri yang profesional sebagai salah satu tolak ukur kesiapan mereka untuk menjadi seorang entrepreneur yang sesungguhnya,” tutur Milka. Ketua Panitia IDEACRAFT 2017 Budi Haryono berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi platform National Business Pitching Competition yang para pesertanya dapat berkompetisi dan belajar dari satu sama lain. ”Sekaligus bisa membangun jaringan yang kuat diantara mereka. Pitch First juga hadir untuk memberikan kontribusi dalam pembentukan generasi muda Indonesia yang memiliki keterampilan dan karakter entrepreneurial, kreatif, dan inovatif serta keberanian untuk melakukan perubahan positif bagi masyarakat dan lingkungan secara luas,” tutupnya. (asf)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%