Range Rover Velar Resmi Mengaspal, Baru Meluncur Langsung Ludes

Rabu, 13 September 2017 | 12:25
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), distributor resmi Jaguar Land Rover di Indonesia mengumumkan model terbaru Range Rover Velar. Kehadiran merek premium itu di Indonesia lebih cepat dari yang seharusnya. Dimana Indonesia menjadi negara pertama di area Asia Pasific yang disambangi Velar.

''Indonesia menjadi negara pertama di Asiap Pasific yang meluncurkan Rang Rover Velar, harusnya di awal Oktober,'' kata Roland Staehler selaku Chief Operating Officer PT WAE. Roland mengungkapkan, pihaknya sengaja memboyong lebih cepat karena ingin memenuhi permintaan konsumen yang sudah lama ada.

Semenjak diperkenalkan di Geneva Motor Show pada bulan Februari lalu, berbagai permintaan terhadap mobil itu sangat tinggi. Velar dipasarkan dalam dua tipe, yakni 2.0 R-Dynamic SE dengan harga off the road Rp2,05 miliar dan Rp2,35 miliar untuk 3.0 R- Dynamic SE.

Di samping itu, Roland juga mengungkapkan ketakutan pihaknya terhadap importir umum. Sebagai distributor resmi Jaguar Land Rover di Indonesia, WAE merasa perlu menjadi yang pertama menghadirkan produk tersebut. ''Kami tahu mobil ini banyak peminatnya, dan kami tak ingin importir umum memboyongnya duluan. Kalau mereka mau membawa mobil ini tidak perlu ke prinsipal sana, cukup lewat kami saja,'' tukasnya.

Menariknya peluncuran pertama dari Range Rover Velar ini memboyong unit first edition yang hanya tersedia empat unit. Edisi ini sedikit berbeda dengan unit yang akan dijual seterusnya. Hebatnya unit itu telah habis terjual jauh sebelum waktu peluncuran. ''First impression sudah sold out empat unit, total unit 35 semua total sampai akhir tahun ini. Pembagian empat unit first impression, 31-nya kebanyakan di 2.000 cc, mungkin sekitar 60-70 persen,'' ujar Manajer Perencanaan Produk, Pengelolaan Produk dan Pengembangan Jaringan PT WAE, Tommy Handoko.

Dominasi Velar dengan mesin 2.000 cc tersebut kata Tommy, karena harganya yang lebih murah dibanding tipe dengan mesin 3.000 cc. ''Terus terang konsumen yang menggunakan Range Rover kebanyakan menggunakan sopir, duduk di belakang, jadi engine tidak terlalu gede-gede banget, yang penting comfort sudah cukup,'' tukasnya.

Tommy mengatakan, Range Rover Velar akan kembali didatangkan dari negara asalnya Inggris mulai Januari 2018. ''Alokasi sih kita belum dapat, cuma kita usahain at least rata-rata sebulan dapat tujuh unit lah,'' tandasnya.

Sedangkan 35 unit yang sudah terpesan mulai bulan ini sudah didatangkan. ''Akan terus di datengin tiap bulannya sampai akhir tahun,'' tambahnya.

Selain itu, untuk proses impornya menurut Tommy, tidak ada kesulitan dari regulasi ataupun izin khusus untuk bisa mendatangkan produk Completly Build-up (CBU) seperti Velar. ''Biasa sih ya udah umum nggak ada yang impor mesti izin khusus atau apa, normal-normal saja. Kita masukin sini terus kemudian melalui bea cukai, tes homologasi, tes sana sini, biasa proses normal,'' tuturnya.

Mobil yang handal di segala medan ini merupakan model keempat dalam keluarga Range Rover yang posisinya berada di antara Range Rover Evoque dan Range Rover Sport.

Range Rover Velar memiliki lampu full-LED di depan dengan desain paling ramping di antara keluarga Range Rover. Handle pintu “Flush deployable” memberikan kontribusi terhadap nilai aeodinamika mobil, dengan koefisien hambatan angin hanya 0,32 cd.

Mesin Ingenium 2,0 liter pada Range Rover Velar menjanjikan tenaga 250 PS dan torsi 365 Nm dan mesin V6 3,0 liter supercharger, mampu menghasilkan tenaga puncak 380 PS dan torsi 450 Nm. Kedua mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-speed lansiran ZF.

Tak ketinggalan, Range Rover juga mengaplikasikan sistem penggerak empat roda dengan Intelligent Driveline Dynamics untuk menunjang kemampuan di berbagai medan jalan dan diklaim mampu melintasi genangan air dengan ketinggian 650 mm.

Di bagian dalam kabin, terdapat sistem hiburan Touch Pro dengan layar sentuh 10 inci high definition yang dipasangkan selaras dengan warna interior mobil. Keunggulan di dalam kabin masih ditambah oleh kepraktisan yang ditawarkan oleh Velar. Tak hanya lapang untuk mengangkut lima penumpang di dalam, ruang bagasi Velar mampu mengangkut hingga 632 liter. (dew)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%