Bisnis Food Truck Mesti Pintar Pilih Menu

Kamis, 14 September 2017 | 15:01
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Food Truck, tak lepas dari makanan apa yang dijual. Lantaran keterbatasan tempat, tentunya mesti memikirkan menu seperti apa yang akan dihidangkan. Selain itu, lama pembuatan makanan pun mesti dipikirkan. Pasalnya, lagi-lagi karena konsep food truck layaknya restoran cepat saji hanya saja makanan yang ditawarkan bisa lebih beragam. Tergantung si empunya restoran di atas roda tersebut.

Thomi mengatakan, untuk pemilihan makanan pada dasarnya mesti praktis dan tak ribet dalam pengolahan. Makanya di negeri asalnya, food truck biasanya menjual hamburger, hotdog, serta salad dan jus.

”Selain lebih mudah, juga lebih cepat pembuatannya sehingga pelanggan tak menunggu lama,” tuturnya.

Itu bisa dilakukan untuk negara yang menggunakan roti sebagai karbohidrat. Lalu bagaimana dengan Indonesia yang makanannya mayoritas memerlukan waktu pemasakan yang lama. Untuk menyiasatinya, biasanya mereka menggunakan sistem pre-cook.

Ya, bahan makanan yang mengolahnya lama seperti daging serta protein lain yang proses pemasakannya lama di disiapkan dalam keadaan setengah matang kemudian dimasukkan ke dalam freezer. Sistem seperti ini sebenarnya dilakukan hotel-hotel berbintang untuk menyiapkan bahan untuk hidangan.

”Intinya memotong proses masak saat pengunjung memesan hingga dihidangkan,” tuturnya. 

Di Jakarta Food Truck sendiri ada dua menu barat yang proses penyiapannya cukup lama. Ada Sloppy Joe dan Smokey Ribs. Sloppy Joe pada dasarnya burger. Bedanya, jika burger biasa menggunakan daging giling yang diolah menjadi patty, hidangan ini murni menggunakan daging giling yang dimasak tanpa dijadikan patty terlebih dahulu. “Yang memakan proses lama adalah daging dilingnya,” ujarnya.

Makanya untuk yang satu ini daging digiling diproses dahulu agar tak memakan waktu lama. Selain daging giling masakan ini diberi juga taburan keju lalu disajikan bersama coleslaw dan kentang goreng.

Sedangkan smokey ribs mesti dipresto terlebih dahulu. Setelah setengah matang masukkan ke dalam freezer. Dengan proses tadi menghasilkan iga bakar empuk dengan saus barbeque, taburan lada hitam dan sayuran.   (fch)

 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%