Pos Indonesia segera Terbitkan Prangko Habibie-Ainun

Senin, 09 Oktober 2017 | 22:28
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
EDISI SPESIAL: PT Pos Indonesia bekerjasama dengan PT Thareq Habibie Carbon akan segera menerbitkan prangko seri Habibie-Ainun. Foto: ali rahman/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID-PT Pos Indonesia bekerjasama dengan PT Thareq Habibie Carbon akan segera menerbitkan prangko seri Habibie-Ainun. Thareq Kemal Habibie yang mewakili keluarga besar Presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan Direktur Jaringan, Retail & Sumber Daya Manusia Pos Indonesia Ira Puspa Dewi.

"Bapak BJ Habibie merupakan legenda hidup Indonesia. Kami merasa terhormat meski niat mengabadikan kisah cinta Habibie-Ainun lewat prangko sangat panjang. Kami juga bersyukur, keluarga Habibie memberi kepercayaan kepada Pos Indonesia. Bismillah untuk project besar Indonesia," kata Ira di Ruang Prangko, Gedung Pos Ibu Kota, Jalan Kesenian, Jakarta Pusat, Senin (9/10).

"Ini kesempatan kami untuk mengenalkan kembali prangko kepada masyarakat khususnya generasi milenial yang mulai menunjukkan minatnya kembali terhadap prangko, bukan hanya sebagai media pelunas bea pengiriman surat, tetapi untuk lebih mengenal indonesia melalui tokoh-tokoh inspiratif," tambah Ira.

Direktur Utama PT Thareq Habibie Carbon, Thareq Habibie menjelaskan ruang lingkup Perjanjian kerjasama nantinya meliputi pencetakan prangko Habibie-Ainun. Bentuk serta jenis kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi pembuatan desain, tema dan gambar, pengaturan dan kesepakatan tentang hak cipta bagi prangko Habibie dan Ainun yang akan dijadikan sebagai benda koleksi berharga bagi mitra pihak PT Thareq Habibie Carbon maupun bagi masyarakat umum.

"Prangko ini mengisahkan tentang kisah cinta dan jalan cinta keduanya mulai dari awal perkenalan hingga akhirnya terpisah (oleh maut setelah meninggalnya ibu Ainun pada 2010)," kata Thareq Habibie.

Thareq menjelaskan, prangko pernikahan Habibie dan Ainun akan dicetak dalam jumlah terbatas. Setiap edisi bernomor seri. Prangko tersebut dicetak dalam tujuh edisi, masing-masing edisi sebanyak 100.000 lembar dan per seri berisi empat foto keping prangko tentang pernikahannya.

"Pada dasarnya foto di prangko ini adalah foto bapak dan ibu yang tidak umum (hanya koleksi keluarga) dan tidak pernah ada dimana-mana. Kami ingin menunjukan sesuatu yang lain diprangko ini," janji Thareq.

Ia juga menjelaskan kerjasama ini juga akan menerbitkan replika Prangko Emas Habibie-Ainun. Masing-masing dicetak sebanyak 18 keping dengan empat jenis desain yang berbeda. Total akan diterbitkan sebanyak 72 keping prangko emas Habibie dan Ainun.

"Delapan seri akan diluncurkan pada bulan Desember nanti, yang sekaligus sebagai peringatan pernikahan Habibie dan Ainun. Dengan gambar dan ide yang kreatif, hadirnya prangko Habibie-Ainun ini anak-anak muda bisa mengumpulkan kembali koleksi prangko," kata Thareq Kemal Habibie lebih lanjut.

Selain itu, PT Thareq Habibie juga akan menerbitkan prangko special edition, yaitu edisi delapan windu pernikahan Habibie dan Ainun yang akan dicetak dalam lembaran emas. Prangko tersebut masing-masing berisi 125 keping dari empat jenis desain yang berbeda atau total sebanyak 500 keping replika prangko emas edisi khusus 8 windu pernikahan Habibie Ainun. Penggunaan dan penyebaran pangko emas tersebut dilakukan sepenuhnya oleh pihak PT Thareq Habibie Carbon.

Proses pencetakan dilakukan dengan security printing oleh Peruri, dan keluarga Habibie berkomitmen tidak akan mencetak ulang prangko yang telah diterbitkan dengan alasan apapun.Selain itu setiap prangko akan dilengkapi dengan QR code yang dapat di scan untk link yang ditentukan dan dilengkapi dengan quote tentang cinta Habibie dan Ainun yang inspiratif. Setiap edisi prangko tersebut terdiri dari 5 ribu foto-foto Habibie dan Ainun yang terangkai indah membentuk gambar (potrait).

Ketua Umum Perkumpulan Filateli Indonesia Fadli Zon yang hadir pada kesempatan itu selain menyaksikan penandatangan kerjasama juga melakukan pelantikan pengurus daerah perkumpulan fitalisasi Indonesia DKI Jakarta.

Pada kesempatan penandatangan itu juga dihadiri oleh Ketua Umum Perkumpulan Filateli Indonesia Fadli Zon, Ketua Dewan Penasehat PFI Lejen (Purn) Woyono, Kepala Regoinal 4 Jakarta Pupung Purnama, VP Konsinyasi dan Pilateli Agung S Raharjo. Selain menyaksikan penandatangan kerjasama Ketua Umum PFI juga melakukan pelantikan pengurus daerah perkumpulan fitalisasi Indonesia DKI Jakarta. (rmn)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%