IKEA Ekspansi ke Surabaya

Kamis, 12 Oktober 2017 | 11:49
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Perusahaan perabot rumah tangga asal Swedia, membuka fasilitas  distribution point di Surabaya, ekspansi tersebut merupakan ekspansi pertama ike di luar jabodetabek. Country Marketing Manager IKEA Indonesia Eliza Fazia menjelaskan, potensi minat masyarakat Jawa Timur (Jatim) terhadap produk perabotan IKEA cukup besar. Berdasar survei IKEA terhadap para pengunjung IKEA Alam Sutera, kontribusi konsumen Surabaya cukup tinggi. ’’Maka, kami akan menggarap potensi pelanggan di Surabaya,’’ tuturnya kemarin (10/10).

Pusat distribusi IKEA di Surabaya itu menunjang pembelian produk IKEA yang dilakukan pelanggan secara online. ’’Pelanggan dapat mengambil pesanannya di distribution point sehingga biaya pengiriman lebih hemat,’’ ujar Eliza. IKEA Distribution Point pertama didirikan di Sentul, Bogor, pada Maret 2017. Surabaya merupakan kota kedua.

Sistem penjualan secara digital dan diperkuat dengan distribusi diharapkan meningkatkan kinerja IKEA. Penetrasi digital bukan satu-satunya strategi untuk menggenjot penjualan. IKEA justru berfokus memperkuat sistem distribusi ke sejumlah kota besar di Jawa. Di antaranya, Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Meski mengembangkan penjualan digital, IKEA juga sedang menyiapkan toko fisik kedua di Jatim. Saat ini IKEA memiliki 1 toko di Serpong, 2 IKEA Distribution Point di Bogor dan Surabaya, serta IKEA Online Point di Bintaro.

Sejak dibuka pada 30 September lalu, jumlah pengunjung IKEA Distribution Point Surabaya mencapai 500 orang. Total pengunjung IKEA Indonesia sejak September 2016 hingga Agustus 2017 lebih dari 2 juta orang. ’’Naik 16 persen bila dibandingkan dengan periode sebelumnya,’’ papar Eliza.

Di seluruh dunia, IKEA mengoperasikan 392 toko di 48 negara. Total penjualannya mencapai EUR 36,4 juta. Jumlah pengunjung toko fisik tercatat 915 juta orang. Total pengunjung toko online mencapai 2,1 miliar akun. (car/c14/noe)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%