Mau Gerobak UMKM Ini?

Senin, 23 Oktober 2017 | 22:26
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Inilah gerobak dari Perindo. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID-Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menyedot perhatian banyak pihak. Sebagai basis ekonomi kaum pinggiran, eksistensi UMKM bukan sekadar terbukti tahan banting. Lebih dari itu, UMKM mengandung potensi luar biasa dengan segala keunikannya.

Tidak mengherankan kalau UMKM mengundang perhatian. Dunia usaha dengan modal skala besar turut memberi perhatian khusus. Bahkan, kalangan pengusaha dan politisi juga tidak mau ketinggalan. Ikut latah dengan menyediakan platform berdagang. Gerobak sebagai jantung dan denyut nadi UMKM, disediakan secara gratis.

Setelah menyasar sejumlah kawasan, giliran pelaku UMKM Bekasi, Jakarta Pusat (Jakpus), dan Jakarta Selatan (Jaksel) mendapat gerobak gratis. ”Fasilitas itu diharap mendongkrak pendapatan. Para pedagang bisa menambah jenis produk dan melibatkan anggota keluarga lain untuk bekerja,” tutur Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo, Kota Bekasi, Muhammad Gunawan.

Di Kota Bekasi, pembagian gerobak gratis sudah berlangsung dua tahun. Tahun lalu, terdapat 25 unit gerobak dibagikan di Pondok Gede. Dan, hingga Oktober 15 gerobak sudah diterima pedagang UMKM. Lalu, sebanyak 10 gerobak diterima pelaku UMKM di Desa Sukarahayu, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi.

”Untuk Kabupaten Bekai, ini kali pertama pembagian gerobak kepada pedagang binaan DPC,” ucap Ketua DPD Perindo, Kabupaten Bekasi, Budiono.

Sebelumnya, DPD Perindo Jakpus menyalurkan gerobak UMKM Swadaya kepada salah satu pengurus. Pemberian gerobak itu membuktikan komitmen Perindo menyejahterakan masyarakat termasuk para pengurus dan kader partai.

Di Jakpus, pemberian gerobak secara swadaya telah dilakukan di Senen, Gambir, dan Cempaka Putih, Jakpus. ”Ini komitmen penuh kami kepada kaum kecil,” tambah Ketua DPD Perindo, Jakpus, Pahala T Sianturi.

Di Kebayoran Baru, Jaksel juga dibagikan 4 gerobak gratis kepada para pedagang. Sejak tahun lalu, tercatat 60 gerobak gratis telah diberikan kepada pelaku UMKM. Pedagang juga mendapat pembinaan dan pelatihan tentang kebersihan tempat jualan, menu, dan cara melayani pembeli. ”Kami sangat bersyukur, gerobak seperti ini sudah kami idam-idamkan sejak lama,” tutur Sukirno, 58, salah satu pedagang Kebayoran Baru, Jaksel.

Hal senada diungkap Sari. Peria 37 itu mengapresiasi program gerobak UMKM Perindo. Sari berencana memakai gerobak untuk berjualan bakso. ”Senang, dapat bantuan gerobak gratis Perindo,” ucap Sari. (far)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%