Wartsila Hadirkan Training Services dan Digital Expertise Centre

Senin, 13 November 2017 | 19:37
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
CANGGIH : Ruang monitoring yang real time seperti di lapangan.

INDOPOS.CO.ID - Perusahaan teknologi asal Finlandia Wartsila membuka Training Services Centre dan Digital Expertise Centre. Fasilitas itu ada di kantor Wartsila di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Managing Director dan President dari Wartsila Indonesia Erwin Vanderkerff menjelaskan, pusat pelayanan itu akan membantu memonitor instalasi-instalasi dari pelanggan. ''Hal ini akan mengoptimalkan nilai siklus hidup yang berujung pada peningkatan profitabilitas dan performa peralatan dan efisiensi operasional,'' ujar Erwin di Jakarta akhir pekan lalu.

Pada saat bersamaan, Wartsila juga memperkenalkan fasilitas-fasilitas baru yang dapat menambah nilai pelayanan seperti Training Service Centre dan Digital Expertise Centre beserta pelayanan lainnya.

Saat ini, Wartsila Indonesia menyediakan hampir 4 giga watt (GW) energi kepada jaringan nasional. Dengan teknologi generasi tenaga cerdas (smart power), Wartsila memegang peranan handal dalam menyediakan tenaga fleksibel baik dalam hal beban dan bahan bakar.

Salah satu proyek yang baru dikerjakan Wartsila Corporation dan Wartsila Indonesia adalah pembangkit  listrik jenis peaking (Combined Cycle) di Lombok. Perusahaan juga terlibat dalam penyediaan listrik di Bangkanai dan sebagian besar dari Kepulauan Indonesia bagian timur.

Sedangkan layanan digital Wartsila berperan pada enam power plant di Indonesia, yaitu di lima power plant  milik PLN di daerah Nabire, Ternate, Jaya Pura, Bontang, dan dua power plant milik Antam. Dan akan terpasang di power plant PLN di Lombok dan Bangkanai (Kalimantan Tengah).  ''Fasilitas dan layanan yang diresmikan hari ini agar kami dapat memberikan pelayanan terbaik pada para pelanggan dan mitra di industri maritim dan energi di sini. Kami bermitra dengan Pemerintah Indonesia untuk proyek-proyek di masa mendatang dan bermanfaat bagi bangsa ini. Untuk itu kami juga mengambil  bagian dalam transisi infrastruktur energi berkelanjutan di Indonesia,'' imbuhnya.

Erwin menjelaskan, layanan Wartsila Training services centre yang baru dibuka ini digunakan untuk mengembangkan performa tenaga kerja, mencakup segala aspek manajemen, operasi, pemeliharaan dan hal-hal terkait keselamatan, keandalan dan performa dariinstalasi-instalasi power atau kelautan dari para pelanggan.

Saat ini Wartsila memiliki 10 pusat pelayanan di seluruh dunia. Pada masing-masing pusat pelayanan ini, Wartsila dapat menyediakan tim tepat yang berpengalaman melatih para insinyur dan ahli yang dapat menyampaikan kursus untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan individu dari pemilik-pemilik kapal dan operator pembangkit listrik.

Hingga sekarang,  sudah ada 320 batch yang mengikuti training dari para pelanggan Wartsila sejak fasilitas beroperasi pada Mei 2017.

Erwin menjamin, Wartsila Digital Expertise Centre akan memberikan  pelayanan teknis terdepan melalui sistem pemantauan terpencil dan Operator’s Interface systems, menyediakan dukungan seketika atas pelayanan yang dapat diperkirakan, pelayanan operasional dan darurat terhadap pelanggan energi dan kelautan.  

Pelayanan tersebut bisa dilakukan  dengan waktu nyata (real time). Sehingga menjamin operasi yang dapat diandalkan, meningkatkan potensi pendapatan, dan transparansi.

Salah satu klien Indonesia yang menggunakan Wartsila adalah Pertamina. Sumarwoto selaku GM Pertamina Persero mengatakan Wartsila memang salah satu penyedia peralatan dari sisi permesinan power generator yang sudah diakui. ''Pertamina sudah lama pakai. Di perkapalan, di power generator di kapal-kapal itu,'' tukasnya.

Sumarwoto mengaku, baru tahu ada layanan untuk monitoring performing mesin secara real time. ''Bagus, walau akan ada cost tambahan tapi sesuai dengan benefitnya, kecepatan problem solving. Sebelumnya kalau ada problem, kita panggil engineer baru di proses, jadi lama. Kalau ini kan dikontrol secara real time jadi bisa terlihat mana yang membutuhkan perawatan. Ini sangat membantu sekali,'' tukasnya. (dew)
 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%