Usahid Kedepankan Industri Pariwisata dan Wirausaha

Selasa, 14 November 2017 | 19:48
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Foto : istimewa

INDOPOS.CO.ID - Menjadi hari bersejarah bagi ratusan keluarga para wisudawan/i, karena pada hari tersebut Universitas Sahid Jakarta kembali menggelar wisuda Sarjana dan Pascasarjana sebanyak 294 lulusan berasal dari beberapa fakultas, yang dikukuhkan sebagai alumni di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Hotel, Kamis (9/11).

Universitas Sahid Jakarta menetapkan dalam Visinya menghasilkan lulusan yang unggul. Unggul bermakna mempunyai daya saing tinggi seiring dengan trend persaingan global yang menuntut adanya “ Competitive Advantage”. Lulusan USAHID hams mempunyai keunggulan dalam persaingan yang ada saat ini serta dapat berinovasi / berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing bangsa agar mampu mensejajarkan diri dengan negara-negara lain. 

Upacara Wisuda Usahid yang genap memasuki usia ke 29 tahun. pada tanggal 14 Maret 2017 lalu ini mengambil tema ”Perspektif Hukum Industri Pariwisata di Tengah Persaingan Global”. Orasi ilmiah disampaikan oleh Prof. Dr. Gayus Lumbuun. SH, MH Hakim Agung Mahkamah Agung RI. Dan dihadiri oleh Koordinator Kopertis Wilayah III Dr. lr. Illah Sailah, MS; Ketua Umum YSJ Dr. Nugroho Sukamdani, MBA .BET serta kepala lembaga/perusahaan yang merupakan kolega USAHID.

 

Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSlE Rektor Universitas Sahid dalam sambutannya menyatakan bahwa Universitas Sahid Jakarta patuh dan taal azas dalam melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan ketentuan aturan yang ditetapkan Kemenristek Dikti dan Kopertis Wilayah III, sellingga pada saat ini USAHID mcnjadi PT S yang sehat dalam tata kelola dan memiliki legalitas yang balk. Pada Januari 2015 USAHID memperoleh Akreditasi lnstitusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai Balk (B) dari BAN PT. Kopertis wilayah Ill juga menetapkan USAHID sebagai PTS Unggulan tahun 2013 kategori pembelajaran. Hal ini menunjukkan kepercayaan pemerintah kepada USAHlD. 

Modal dasar semangat Budaya Sahid serta Tridarma Perguruan Tinggi yang bercirikan Kewirausahaan dan Kepariwisataan menciptakan suasana akademik dan tata kelola institusi yang khas untuk mengembangkan Universitas Sahid Jakarta menapak kemasa depan. 
Saat ini Universitas Sahid Jakarta sedang mempersiapkan pembukaan Prodi Ilmu Gizi, Fakultas Kepariwisataan, Program Studi Desain Komunikasi Visual untuk pengembangan ke depan. 

Ketua Umum YSJ Dr. Nugroho Sukamdani, MBA.BET, menyatakan bahwa tema wisuda tentang Perspektif Hukum Industri Pariwisata di Tengah Persaingan Global sangat relevan dan menggambarkan komitmen Universitas Sahid Jakarta terhadap penyelenggaraan akademik yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif dan berkemampuan plus dalam bidang hukum, industri pariwisata dan wirausaha. Komitmen Univeritas Sahid Jakarta untuk menghasilkan lulusan yang berkemampuan hukum, industn' pariwisata dan wirausaha memberikan kontribusi yang signifikan dalam menciptakan lapangan kerja baru di tanah air dan lulusan berdaya saing tinggi dalam era perdagangan bebas. 

lndustri pariwista juga tidak lepas dari perspektif hukum, industri pariwisata dapat dijelaskan melalui dua pemikiran, yaitu peran atau fungsi hukum dalam pembangunan dan sistem hukum. Ke semua elemen tersebut sangat berpengaruh dalam meningkatkan devisa Negara, sedangkan dalam perspektif budaya hukum, adalah bahwa masyarakat mendapatkan kepastian dan keyakinan, bahwa semua hak-hak wisatawan dilindungi sehingga menimbulkan rasa aman dalam melakukan perjalanan wisata dan wisatawan meyakini bahwa hak-hak mereka dapat dijamin oleh hukum yang ada di Indonesia ketika hak-hak mereka dilanggar oleh stakeholder ‘ lainnya dalam penyelenggaraan industri pariwisata. (*)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%