Kamrussamad: Anggota KAHMI Harus Beradaptasi dengan Platform Digital

Jumat, 17 November 2017 | 20:56
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha KAHMI (Hipka) Kamrussamad. Foto: Jakfar Shadik/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID- Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha KAHMI (Hipka) Kamrussamad menegaskan, anggota KAHMI harus beradaptasi dengan platform digital. Salah satunya, bisa melalui kemitraan dengan elemen asosiasi industri kreatif.

”Kemitraan dengan komunitas berbasis industri kreatif amat penting supaya produk wirausaha KAHMI dapat ikut terpasarkan dengan baik," tutur Kamrussamad di sela Munas.

Pernyataan Kamrussamad itu mengamini seruan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kala membuka Musyawarah Nasional (Munas) ke-10 KAHMI, di Medan, Jumat (17/11).

Jokowi mengatakan, seluruh elemen harus bisa mengikuti perkembangan era digital yang serba cepat. "KAHMI dan pemerintah harus berainergi guna menjawab tantangan ke depan. Perubahan dunia yang sporadis itu harus diimbangi penguasaan teknologi," tegas Presiden Jokowi.

Jokowi melanjutkan, untuk meningkatkan investasi tidak selalu fokus ke negara barat. Investasi dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Indonesia bisa mengajak negara-negara seperti Uni Emirat Arab, Qatar, dan Arab Saudi untuk berinvestasi di Indonesia. 

Kamrussamad menyebut, pernyataan Presiden Jokowi sudah tepat. Karena itu, selain bersinergi, KAHMI harus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lewat riset dan pelatihan.

”Di bidang hukum bisnis, KAHMI bisa berkontribusi terkait regulasi era digitalisasi macam fintech,” ucapnya.

Nah, untuk menarik investasi asing, secara porsi harus seimbang antara Timur Tengah (Timteng), Asia Timur, dan Barat. Itu penting mengingat pasar domestik cakupannya luas.  ”Pertumbuhan Asia cukup menjanjikan. Tidak heran kalau Indonesia menjadi sorotan investor,” tukas Kamrussamad. (far)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%