Pekan Depan Monopoli Aqua Diputuskan

Rabu, 06 Desember 2017 | 14:27
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Dugaan monopoli bisnis yang melibatkan air minuman dalam kemasan yang melibatkan Aqua dalam hal ini PT Tirta Investama (produsen) dan PT Balina Agung Perkasa (distributor) dalam waktu dekat berakhir. Jika tak ada halangan, pekan depan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha ) akan segera memutuskan perkara nomer 22/KPPU-I/2016 yaitu pelanggaran pasal 15 ayat 3 huruf b dan pasal 19 huruf a dan b Undang Undang No 5 tahun 1999 tentang Monopoli dan Persaingan. 

”Banyak bukti yang telah ditemukan,” ujar Ketua Tim Investigator KPPU Arnold Sihombing, Rabu (6/12).

Dalam bukti yang ada, Arnold mengemukakan sistem penjualan dari distributor ke pedagang dilakukan dengan cara jual putus.

“Nah seharusnya dengan sistem ini sudah tak ada ikatan lagi para pedagang dengan PT TIV selaku produsen dan PT BAP selaku distributor. Apalagi mereka mengatur dagangan pedagang kalau sistem yang mereka berlakukan adalah jual-putus?” ungkapnya.

Namun kenyataanya banyak pedagang yang tak boleh menjual barang selian Aqua. ”Mungkin Aqua merasa hanya toko ChunChun yg menjadi korbannya, tapi setelah kami lakukan investigasi, masih banyak pedagang lain. Mereka sangat berharap diberi kebebasan untuk jual produk apapun,” ungkap Arnold Sihombing. (ash)

Editor : Novita Amelilawaty
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%